Sabtu, 18 Maret 2017

Aktifasi Energi Kundalini






Setiap orang memiliki Energi ini yang tersembunyi dalam tubuh kita. Energi Kundalini merupakan energi sangat besar seperti energi Nuklir yang berada dalam tubuh. Dapat dibayangkan betapa besarnya energi yang ada dalam tubuh kita, bila energi ini mampu kita bangkitkan. Untuk membangkitkan energi Kundalini perlu pengetahuan yang cukup terutama mengenai Cakra Utama. Selain pengetahuan tersebut sangat dibutuhkan pula seorang penuntun/ pembimbing yang benar-benar mengetahui tentang kebangkitan Kundalini atau seorang Guru spiritual.

Dalam ajaran Yoga, energi Kundalini disimbulkan sebagai Ular Sakti dalam keadaan tidur dengan kepala menghadap ke bawah yang melilit pada Lingga Swayambu Siwa dengan tiga setengah lilitan utama.  Kundalini adalah Ibu yang melindungi kita, Ibu alam semesta sering disebut sebagai Ibu Durga ( Hyang Nini Bagawati), Ibu Gayatri dan Ibu Saraswati. Untuk membangunkan Energi Sakti ini ada berbagai macam cara dan dengan latihan tertentu.
Latihan dan cara membangkitkan Energi sakti atau Kundalini serta cara mengatasinya akan penulis bahas pada Buku Ibu Kundalini Sakti secara khusus.

Kundalini lebih umum diartikan gulungan, suatu kekuatan berada di “Kunda “ yaitu suatu tempat atau mandala yang berbentuk segi empat (muladhara cakra), melingkari “Linga” tiga setengah lingkaran yang berada diatas “Yoni” Kundalini yang berwujud ular berada di muladhara cakra dan di dalam muladhara ada linga dan yoni disinilah Ibu Kundalini sebagai suatu kekuatan berdiam diri.




Awal dari kebangkitan kundalini pada setiap orang pada umumnya akan merasakan suatu rasa hangat pada bagian atau seluruh tubuhnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa itu terjadi karena adanya api yang menyala dari kebangkitan kundalini. Pendapat tersebut bisa saja dibenarkan karena adanya efek panas pada tubuh.

Perlu diketahui bahwa pada jalur energi tubuh manusia terdapat berbagai macam nadi-nadi, diantaranya adalah nadi sushumna, ida (jalur dingin) dan pinggala (jalur panas). ……………………………………………………………..

Selain jalur ida pinggala, nadi yang paling terbesar dalam diri manusia adalah nadi sushumna, pada nadi ini terdapat beberapa lapisan, dimana lapisan pertama merupakan lapisan yang sifatnya panas, karena itulah disebut sebagai jalur matahari. Tidak ada seseorang yang telah bangkit kundalininya yang tidak melalui jalur matahari ini. ……………………………………………

Oleh karena itu tidaklah heran bagi mereka yang benar-benar telah bangkit kundalininya akan merasakan hawa hangat/panas tersebut, dan itu sangatlah wajar bagi seseorang yang bangkit kundalininya. Setelah melampaui jalur pertama barulah energi kundalini akan memasuki lapisan yang kedua, yaitu lapisan yang sifatnya dingin. Bagi mereka yang energi kundalininya telah memasuki jalur dingin ini menandakan bahwa proses dari kebangkitan kundalini sudah mengalami kemajuan, tinggal bagaimana kita menyeimbangkan kekuatan dari energi kundalini ini agar seimbang yang pada akhirnya nanti akan membawa energi kundalini memasuki jalur sushumna yang paling utama yaitu jalur brahma, yaitu lapisan yang paling terdalam yang ada pada sushumna. ………………………………………………………………..

Keterangan
Nadi ida = jalur dingin yang berada pada tubuh bagian kiri.
Nadi pinggala = jalur panas yang berada pada tubuh bagian kanan.

Nadi Sushumna = jalur utama dari kebangkitan kundalini yang mempunyai 3 lapisan, yaitu lapisan vajra nadi - chitra nadi dan brahma nadi.


MEKANISME BANGKITNYA KUNDALINI

Ketika kundalini mulai aktif tetapi belum bangkit, gulungan energi kundalini yang terletak di perinium mulai memanas dan tampak berwarna merah keemasan dan berbentuk bulat. Dengan latihan yang rutin, energi berwarna merah keemasan tersebut akan semakin membara sehingga tampak warnanya bertambah merah dan di inti gulungan tersebut mulai terdapat energi berwarna biru yang disebut sebagai inti kundalini. Semakin lama inti kundalini yang berwarna biru akan semakin membesar sampai hampir seluruh gulungan energi kundalini pada chakra dasar menjadi berwarna biru dan energinya bertambah kuat. Pada saat ini kundalini mulai bangkit dan bergerak naik dari chakra dasar naik menuju tubuh bagian atas melalui nadi sushumna. Uap panas yang dihasilkan oleh panas energi kundalini akan mulai naik mencari jalan keluar melaluinadi Sushumna. Dengan latihan yang benar intensitas energi kundalini akan mulai meningkat, energi kundalini berwarna merah keemasan mulai naik keatas pada nadi sushumna. Energi kundalini yang berwarna merah keemasan yang disebut sebagai api kundalini mulai naik keatas bersamaan dengan uap panas yang dihasilkan oleh energi kundalini yang disebut sebagai uap kundalini. Uap kundalini dan api kundalini akan berusaha naik keatas dengan membuat saluran pada nadi sushumna (terletak berbarengan di tulang punggung, vertikal dari ujung ttualng ekor ke chakra mahkota). Perlahan-lahan energi berwarna biru naik mengikuti energi merah keemasan. Energi yang berwarna biru ini dinamakan inti kundalini. Inti kundalini berada di bawah api kundalini dan naik secara berbarengan.
Membuka gulungan pada ketujuh chakra utama secara berurutan mulai dari bawah sesuai dengan perkembangan energi kundalini yang naik keatas pada nadi sushumna.Dengan terbukanya gulungan pada chakra-chakra tersebut secara bertahap chakra-chakra utama satu persatu mulai hidup dan aktif.
Inti kundalini akan terus naik menuju ke chakra mahkota dan sesampainya disana ia akan membuka gulungan yang terdapat pada chakra mahkota. Pada saat ini pancaran energi inti kundalini mulai kelihatan melebar ke arah kiri dan kanan nadi sushumna. Inti kundalini tetap dalam ukuran yang semula yaitu didalam nadi sushumna tetapi pancaran energinya sudah menjadi semakin kuat sehingga tampak energi berwarna biru memancar melebar ke arah kiri dan kanan nadi sushumna. Pada saat ini biasanya nadi Ida dan nadi Pingala belum benar-benar aktif sehingga pelebaran energi berwarna biru akan tertahan di daerah belakang kepala diatas leher sehingga tampak hanya melebar dari chakra Dasar sampai daerah ini. Nadi Ida dan nadi Pingala pada daerah ini biasanya masih mengalami penyumbatan.
Setelah nadi Ida dan nadi Pingala telah terbuka dan aktif, energi inti kundalini akan menyembur keluar chakra Mahkota dan membuka gulungan yang terdapat diatas chakra mahkota dan dapat mencapai ketinggian sampai beberapa meter diatas chakra mahkota tergantung kepada kekuatan pancaran energi inti kundalini dan tingkat spiritual seseorang. Gulungan ini jika dilihat tampak seperti piringan energi berwarna biru di atas chakra mahkota. Pada saat ini chakra atau chakra-chakra diatas chakra mahkota tumbuh dengan sendirinya


JALUR MEKANISME KUNDALINI
Pada tubuh manusia terdapat chakra (sentra kekuatan/pusat kendali energi/pusat gerbang energi), chakra ini terstimulasi dan teraktifkan oleh jalur Ida-Pinggala dan Sushumna yang merupakan saluran nadi terbesar yang terdapat didalam tubuh.

Kata Nadi berasal dari kata Nad (gerak), nadi-nadi ini berupa saluran energi yg bentuknya tidak kasat mata. Nadi-nadi itu dalam beberapa sumber disebutkan sejmlah 72.000 yang merupakan saluran energi kundalini dari chakra dasar sampai chakra mahkota. Selain itu terdapat juga 350.000 nadi yang merupakan saluran kundalini shakti (dari chakra mahkota keatas). Bayangkan betapa rumit sebetulnya susunan jalur energi dalam tubuh kita, tidak berbeda jauh dengan kerumitan alam semesta ini. Oleh karena itu tidaklah heran dikatakan bahwa tubuh adalah mikrokosmos.

Nadi ini digunakan aliran energi untuk bergerak keseluruh tubuh manusia, termasuk Kundalini. Dari sekian ratus ribu nadi, ada beberapa yang penting antara lain :

Shusumna
Ida
Pinggala
Gadhari
Hastajibva
Kuhu
Saraswati
Pusha
Sankhini
Payaswini
Varuni
Alambusha
Vishvodhara
Yasasvini


Nah dari ke 14 nadi tersebut yang paling utama adalah Shusumma, Ida dan Pinggala, ketiganya saling berkaitan dan ada hubungan nya dengan kundalini ketika nanti bangkit.

Sumber kesemua Nadi nadi tersebut disebut Kanda, letaknya antara lubang anus dan akar kemaluan

Jalur Ida (left sympathetic) berhubungan dengan masa lalu, emosi, keinginan, terminal super ego (gudang semua ingatan, kebiasan dan kondisonal manusia).
Jalur Pinggala (right sympathetic) berhubungan dengan perencanaan dan tindakan, aktifitas mental dan fisikal serta terminal ego
Jalur Sushumna (para sympathetic) sebagai channel kesadaran jiwa, penopang system pertumbuhan fisik.
Jalur Ida dan Pinggala merupakan suatu sistem peredaran energi yang saling berinteraksi dan saling bersinggungan dengan posisi aktif melingkari/mengelilingi ruas tulang belakang sebagai jalur YIN-YANG sepanjang jalur Sushumna.



Jalur Ida merupakan jalur kekuatan pasif/negatif/perempuan/bulan/Yoni/Yang/”Tha”
Jalur Pinggala merupakan jalur kekuatan aktif/positif/pria/matahari/Lingga/Yin/”Ha”
Sushumna merupakan jalur gabungan antara kedua jalur tersebut. Dan berfungsi sebagai jalur utama energi.
Pusat dari segala nadi manusia adalah Nadi Sushumna. 7 chakra pada tubuh manusia akan terstimulasi secara runut dan berhubungan langsung dengan keberadaan jalur Ida-Pinggala dan Sushumna. Jalur Ida dan Pingala adalah manifestasi pembentuk lintasan energy tubuh yang bersinggungan dengan tulang belakang (YIN-YANG) yang selanjutnya akan membentuk jalur Sushumna secara keseluruhan

Melalui jalur Sushumna inilah Kundalini naik sampai ke Chakra Mahkota/ubun-ubun/fontanelle bone area/brahmarandhra/brahmanadi. Pada saat kundalini mencapai titik tersebut maka realisasi diri atau self-realization atau nirvikalpa samadhi (baptism/syahadat/inisiasi tertinggi umat Allah terjadi!)




PENGAKTIFAN DAN PEMBERSIHAN ENERGI KUNDALINI

Bermeditasi memvisualisasi lakukan min 10 mnt untuk setiap cakra

1. Cakra Dasar
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra dasar secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat.” (3x)

2. Cakra Sex
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra sex secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)

3. Cakra Pusar
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra pusar secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)

4. Cakra Solar Flexus
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra solar flexus secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)

5. Cakra Jantung
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra jantung secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)

6. Cakra Tenggorokan
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra tenggorokan secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)

7. Cakra Ajna
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra ajna secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)

8. Cakra Mahkota
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke cakra mahkota secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)

9. Cakra Jalur Sushumna, Nadi Pinggala, dan Nadi Ida
Afirmasi: “Saya niat menyalurkan energy kundalini ke jalur sushumna, nadi pinggala dan nadi ida secara terus menerus dengan energy yang telah diperkuat hingga tidak terhingga kali lipat. “ (3x)



10 Tanda2 tsb adalah sbb:

1. Pola waktu tidur berubah, tidak perlu khawatir karena tubuh akan menyesuaikan diri dengan perubahan waktu tsb.

2. Terasa ada gejala aktifitas disekitar bagian kepala bagian atas, seperti rasa kesemutan dan merasa seperti ada tekanan-tekanan, ini merupakan tanda terbukanya chakra mahkota yang sudah siap menerima energi ilahi atau inspirasi-inspirasi baru.

3. Ada gejolak/gelombang emosi, seperti menangis, sedih, marah dlsb tanpa ada alasan yg jelas, ini merupakan pelepasan energi emosional yang terblokir yang berasal dari chakra jantung.

4. Munculnya ingatan akan masa-masa lalu (past life) dan merasa terasing dengan keadaan/kondisi saat ini, untuk itu, jangan menganalisa kondisi seperti ini secara berlebihan, terima dan hadapi lalu kemudian lepaskan! ini adalah proses pembersihan dan kita akan mampu menatap masa depan dan melihat jauh kedepan mengenai masalah2 yg dihadapi, untuk itu, kita tidak akan pernah tersesat.

5. Terjadinya perubahan fisik tubuh, jangan panik! atau merasa sedih jika tubuh kehilangan berat badan atau terjadi perubahan, ini tandanya sudah terjadi perubahan fisik dan spirit dan menandakan vibrasi tubuh sedang meningkat.

6. Kemampuan sensitifitas ke 5 indera meningkat, suatu saat kita mungkin akan merasa seolah2 nama kita dipanggil atau kita merasa jika ada seseorang sedang mengingat kita, mungkin juga kita mampu melihat cahaya, bayangan atau suara2 disekitar object2 tertentu. itu tandanya semua ke 5 indera kita sudah disesuaikan dan saatnya indera ke 6 akan dibuka, cahaya, bayangan atau suara2 tsb akan menuntun kita, dan sebaiknya ucapkan terima kasih kepada mereka, kita tidak boleh lupa diri dan pergunakanlah dengan rasa tanggung jawab.

7. Mampu melihat "Dunia" secara keseluruhan dengan cara pandang dan pemahaman yang berbeda,

8. Muncul rasa kasih sayang dan cinta terhadap semua mahluk dengan perasaan damai dan nyaman dan percaya terhadap kebaikan semua mahluk.

9. Ada keinginan untuk melepaskan diri dari kebiasaan-kebiasaan lama yang terasa sangat mengikat dan membebani.. Lakukanlah!! . hapus dan buang kebiasaan2 tsb dan ganti dengan yang baru, ubahlah dan bebaskan diri.

10. Sinkronisasi meningkat dan kita menyadari bahwa kita sudah -on the right track- mengenai visi dan misi, tidak ada yang kebetulan yang terjadi dengan apa yang kita alami, kita rasakan dan kita lihat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar